Rabu, 21 Oktober 2009

Antioksidan Tingkatkan Risiko Diabetes

Rabu, 21 Oktober 2009
Antioksidan Tingkatkan Risiko Diabetes
Kamis, 8 Oktober 2009 | 10:18 WIB
KOMPAS.com — Bila Anda termasuk dalam penderita diabetes tipe 2 tahap awal, sebaiknya hindari mengonsumsi antioksidan. Pasalnya, antioksidan justru mempercepat terjadinya diabetes.

Zat antioksidan selama ini disebut bermanfaat untuk melindungi atau mencegah sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Antioksidan mencegah kerusakan sel dengan menyerang partikel yang disebut dengan reactive oxygen species (ROS) yang merupakan oksidan yang sangat reaktif dan memiliki aktivitas yang berbeda-beda.

Stres oksidatif terjadi bila keseimbangan terganggu dimana jumlah ROS sangat meningkat karena kapasitas sistem antioksidan tubuh sangat menurun. Stres oksidatif tadi diketahui dapat mempercepat perkembangan beberapa penyakit, termasuk diabetes tipe 2.

Dalam risetnya, Tony Tiganis dari Monash University, Australia, meneliti dampak dari stres oksidatif pada tikus yang diberi makanan tinggi lemak selama 12 minggu. Satu grup tikus dibuat agar kekurangan enzim Gpxl yang berguna untuk melawan stres oksidatif.

Para peneliti menemukan bahwa kekurangan enzim tersebut menyebabkan terbentuknya resistensi insulin, yang merupakan tanda awal terjadinya diabetes. Namun saat tikus tersebut diberi antioksidan, mereka malah menjadi diabetes.

Menurut Tiganis, cara kerja stres oksidatif bukanlah merusak tubuh namun mencegah enzim yang merusak kemampuan tubuh menggunakan insulin pada awal terjadinya diabetes. Dan antioksidan diperkirakan mengganggu mekanisme perlindungan tersebut.

Kendati penelitian ini baru sebatas pada tikus percobaan dan bukan pada manusia, namun Tiganis mengatakan bahwa sudah ada beberapa studi yang menyebutkan antioksidan tidak melindungi tubuh dari penyakit diabetes. "Bila tak ingin kena diabetes, saran saya adalah memiliki pola makan sehat dan olahraga, bukan mengonsumsi suplemen antioksidan," katanya.

Editor: wsn
Sumber : Reuters; Kompas


Related Posts



0 komentar ( Lo Sampe in Tuh Unek" Lo di S!N!):

Posting Komentar

 

Plurk

TRANSLATE THIS BLOG

Translate this page from Indonesian to the following language!

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Widget edited by Blogfsym
Copyright © Onetherfull | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog