Sabtu, 07 November 2009

Berhati-hatilah Memilih Obat Penurun Demam

Sabtu, 07 November 2009

JAKARTA, KOMPAS.com - Mewaspadai demam berdarah yang biasanya muncul pada masa pancaroba dan banyak diderita anak-anak, para orangtua sebaiknya lebih teliti dan hati-hati dalam memberikan obat penurun demam untuk anak.

Menurut dr.Alan R.Tumbelaka, Sp.A (K), dari Departemen Ilmu Kesehatan Anak, FKUI, bila anak sudah positif menderita demam berdarah dengue, sebaiknya anak diberi obat penurun panas golongan parasetamol. Obat jenis ini lebih aman untuk lambung dan tidak memiliki efek menghambata pembekuan darah.

Sebuah riset independen Retail Audit Nielsen, Indonesia Urban Juli 2009 mengungkapkan bahwa sekitar 70 persen konsumsi obat penurun demam anak di wilayah perkotaan di Indonesia adalah mengandung asam asetilsalisilat (acetyl salicylic acid) dan golongan obat antiinflamasi non-steroid.

Obat penurun demam asam asetilsalisilat tidak disarankan untuk anak yang menderita DBD karena bisa menimbulkan risiko perdarahan pada infeksi dengue dan sakit lambung. Sementara itu golongan ibuprofen diduga dapat menurunkan trombosit.
Sumber : kompas.com


Related Posts



1 komentar ( Lo Sampe in Tuh Unek" Lo di S!N!):

Anton wijaya mengatakan...

Info yang bermamfaat,kadang-kadang suka pusing kalau anak demam.

Posting Komentar

 

Plurk

TRANSLATE THIS BLOG

Translate this page from Indonesian to the following language!

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Widget edited by Blogfsym
Copyright © Onetherfull | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog